Radio Islam Penyebar Dakwah Kian Diminati

Radio Dakwah Menara 3- Radio Islam kini kian diminati. Siaran dengan segmen pendengar kaum muslimin menjadi alternatif masyarakat yang tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang Islam dan perkembangan dunia Islam. Radio dengan basis pendengar Muslim memiliki peminat potensial.
Radio Dakwah dimulai dari makna dakwah itu sendiri. Didalam Islam adalah dakwah adalah setiap upaya positif baik yang berupa aktivitas lisan, tulisan, perbuatan maupun ketetapan guna meningkatkan taraf hidup manusia dan nilainya sesuai dengan tuntunan hidupnya dan mengacu kepada konsep kehidupan yang ditetapkan Tuhan atas mereka. Selain itu dakwah juga merupakan usaha mengerakkan pikiran dan perbuatan manusia untuk menyampaikan din al-Islam kepada manusia.
Dalam penyampaiannya ada berbagai macam media yang dapat digunakan untuk sarana dakwah diantaranya yaitu radio. Alat ini merupakan media komunikasi yangmempunyai sifat auditif yang hanya bisa didengar tetapi murah, merakyat dan bisa dibawa atau didengarkan dimana-mana dan bisa didengar oleh semua lapisan.
Selain itu radio dakwah juga dapat membuat audiens tidak terlalu susah untuk mendapatkan informasi atauharus hadir dalam suatu majlis ilmu untuk mendapatkan pengetahuan dengan tujuan untuk memberikan wawasan keagamaan bagi pendengar dan penikmat Radio
Menurut data Aliansia Radio Islam Indonesia, ada sebanyak 50 radio yang tergabung dalam organisasi tersebut. Sementara yang aktif dalam menyebarkan dan berbagi informasi tentang Islam ada sekitar 30-40 stasiun radio dakwah. Untuk radio dari mancanegara, ada kerja sama dengan Ad Him-mah FM dari Yaman, Radio Tarbiyah Jepang, serta Radio Perantau Hong Kong. Saat ini, organisasi yang berisi music director dan pemilik radio Islam di Indonesia dan mancanegara tersebut sedang merintis kerja sama dengan radio Islam dari Belanda dan Jerman.
Tak hanya radio islam, konten Islami pun disediakan oleh radio-radio dengan segmentasi pendengar lainnya. Contohnya Cosmopolitan FM, walau bukan radio Islam khusus dakwah, radio ini menyediakan porsi untuk konten seperti bank syariah, zakat, infaq, dsb.
Merebaknya radio dakwah islami ini bisa jadi terpicu oleh program i-masjid yang digagas ICMI. Yang mana salahsatunya adalah memberdayakan para takmir masjid lewat penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang diaplikasikan dalam sebuah stasiun radio. Dengan begitu, radio dakwah ala masjid dapat menjadi pilihan sarana dakwah dengan memberikan semua konten yang dibutuhkan umat seputar ekonomi, kesehatan, pendidikan, dsb
Radio Dakwah Menara 3 - Sumber: berbagai sumber

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Radio Islam Penyebar Dakwah Kian Diminati"

Posting Komentar