Radio Dakwah Streaming di Dunia Internet, Perlukah Manajemen Tertata?



Radio Dakwah Menara 3 - Dalam dunia digital, dakwah bisa berjalan dengan sebebas-bebas tanpa hambatan. Bukan hanya dalam dakwah, media yang lain yang anti dakwah juga menikmati kebebasan yang sama. Disinilah diperlukan sebuah manajemen yang matang untuk mengelola informasi dakwah bagi pengaksesnya. Jika tidak dakwah yang disiarkan bukan hanya tidak dihiraukan oleh pemeluk agama lain bahkan kaum muslimin sendiri akan mening
galkan website yang tidak profesional tersebut.
Pengelolaan radio website dakwah hampir sama dengan pengelolaan website lainnya yang tidak berbasis dakwah, jika sebuah website memerlukan manajemen yang matang maka website dakwahpun memerlukan hal yang sama demi memenuhi konfigurasi website itu sendiri. Yang membedakan website dakwah dengan website lainnya adalah hanya pada konfigurasi dan fitur-fitur Islami serta memenuhi standar dakwah secara propesional.
Manajemen dakwah melalui internet selayaknya dilihat sebagai upaya untuk mengoptimalkan peran dakwah dalam skala global. Maka sudah semestinya organisasi dakwah diatur dengan berbagai etos kerja yang propesional sehingga sebuah website radio dakwah dapat di akses dengan updating nya secara berkala dan terus menerus. Prosedural ini sudah selayaknya diperhatikan dan ditinjau ulang dari waktu ke waktu agar kebutuhan masyarakat tentang dakwah Islami terpenuhi.
Yang menariknya lagi, web berbentuk radio untuk dakwah melalui jagat maya ini tidak perlu ditunjang dengan dana yang besar. Disini, kepakaran web developer yang lebih berbicara. Yang berperan sebagai administrator ketika membangun situs yang menarik. Satu hal yang perlu diperhatikan juga, kemajuan dunia internet sangatlah cepat, banyak CMS yang siap pakai, yang membuat seorang pemula pun dapat membangun sebuah website dengan cepat. Yang dituntut dari pengelola situs radio dakwah adalah kesungguhan dan kerja keras dalam menghidangkan berbagai artikel, dokumen dan software yang memenuhi selera para pengguna internet. Pasar dunia web tidak selalu meminta artikel, dokumen dan software pemilik web tersebut, namun apa yang mereka hidangkan memenuhi keperluan pasar dalam dunia internet, dalam hal ini adalah dahaga akan informasi Islami. (Radio Dakwah Menara 3)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Radio Dakwah Streaming di Dunia Internet, Perlukah Manajemen Tertata?"

Posting Komentar